Teknik Dasar fotografi

Jadi jika foto yang di hasilan adalah Flat, yang berarti bias cahaya dari sebuah foto atau object adalah datar atau rata dipastikan foto tersebut biasa saja dan tidak bercitra rasa seni. beberapa forum atau komunitas selalu mengatakan "the man behind the GUN" ya betul, pernyataan tersebut memang saya setuju, dan janganlah kambing hitamkan, jangan salahkan media atau camera atau senjata Anda jika foto Anda tidaklah bagus, tidaklah berkualitas. karena semua dari Anda sendiri. well berikut teknik dasar fotografi untuk pemula dari pemikiran dan pengalaman saya sendiri.

* Jeli dalam melihat situasi cahaya :
Contoh : cahaya yang masuk melalui tirai-tirak pada jendela Anda, mungkin dimata kita terlihat biasa saja, tapi coba Anda bayangkan jika tersaji dalam sebuah foto, pastinya akan berbeda, karena fotografi menjadi sesuatu yang biasa saja menjadi luar biasa




* Seringlah Anda untuk Jepret-Jepret :
heheheh maaf bahasanya ngasal. Inti nya semakin banyak dan sering Anda menggunakan Camera Anda untuk foto ini dan itu, pasti Feeling Anda secara tidak langsung akan terlatih. apalagi Anda yang menggunakan DSLR, sentuhan jari-jari anda pada DSLR makin lembut dan resiko foto yang blur (goyang pun) sedikit berkurang.



* Bekerjalah dengan hasil Akhir.
Maksudnya adalah : Bayangkan pda object yang akan Anda foto itu akan menjadi apa seperti apa yang Anda bayangkan dan Anda inginkan, terlebih jika foto tersebut akan di Retouch dalam Computer, pastinya Teknik ini akan sangat membantu.


* Janganlah malas mencari Angle :
Sudut sebuah pengambilan Foto sangat berpengaruh pada hasil foto Anda, jadi janganlah malas untuk mengangkat badan Anda untuk pindah dari kiri ke kanan, atas atau bawa, samping atau belakang guna menjadi Angle yang terbaik dari foto yang Anda inginkan.


* Mulailah mengenal Menu/Fitur dalam camera Anda.
Adalah jangan selalu Anda menggunakan Mode A (Otomatic) Suatu saat Anda harus menggunakan Manual Mode, menurut saya pribadi Manual Mode itu jauh lebih baik untuk menghasilkan foto yang indah.


* Carilah refrensi Fotografi Terbaik
Mulailah juga belajar dengan melihat hasil foto-foto dari karya terbaik fotografi favorit Anda, suatu saat Style, Angle, POI (Point Of Interest), Emotions .etc akan anda tiru atau Anda modifikasi.



Untuk Teknik yang lebih Advance seperti pengaturan Shutter Speed, ISO, BW Photography, IR Photography, HDR Photography dan banyak lagi akan saya bahas di Artikel selanjutnya. Sekian dari saya semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua.

1 komentar:

budi utomo mengatakan...

makasi tips nya :))

Posting Komentar

Elephant Traffic
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Modern Warfare 3